Beberapa Jalur Masuk Unnes Bagi Calon Mahasiswa Baru

Beberapa Jalur Masuk Unnes Bagi Calon Mahasiswa Baru

Sebagai salah satu perguruan tinggi negeri di Indonesia dengan jumlah peminat terbanyak, Universitas Negeri Semarang (Unnes) menerima mahasiswa baru melalui 3 jalur. Jalur masuk Unnes yakni melalui Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) dan Seleksi Mandiri.

Calon mahasiswa baru Unnes dapat memilih salah satu atau keseluruhan jalur masuk yang dikehendaki.

Jalur Masuk Unnes Melalui SNMPTN

SNMPTN adalah pola seleksi secara bersama yang diikuti perguruan tinggi negeri (PTN) dalam suatu sistem yang terpadu dan diselenggarakan secara serentak melalui penjaringan prestasi akademik siswa.

Berikut ketentuan umum SNMPTN

  1. SNMPTN merupakan pola seleksi nasional berdasarkan hasil penelusuran prestasi akademik dengan menggunakan rapor semester 1 (satu) sampai dengan semester 5 (lima) bagi SMA/MA dan SMK yang masa belajarnya 3 (tiga) tahun ATAU semester 1 (satu) sampai dengan semester 7 (tujuh) bagi SMK yang masa belajarnya 4 (empat) tahun, serta Portofolio Akademik.
  2. Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) merupakan basis data yang berisikan rekam jejak kinerja sekolah dan prestasi akademik siswa.
  3. Sekolah yang siswanya mengikuti SNMPTN harus memiliki Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) dan mengisikan data prestasi siswa di PDSS.
  4. Siswa yang berhak mengikuti SNMPTN adalah siswa yang memiliki Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), memiliki prestasi unggul, dan rekam jejak prestasi akademik di PDSS.
  5. Siswa yang akan mendaftar SNMPTN wajib membaca informasi di laman PTN yang dipilih tentang ketentuan yang terkait penerimaan mahasiswa baru di PTN tersebut

Baca selengkapnya Ketentuan dan Persyaratan SNMPTN Unnes

Jalur Masuk Unnes Melalui SBMPTN

SBMPTN adalah seleksi yang mengedepankan asas kepercayaan dan kebersamaan. Soal ujian tertulis SBMPTN dirancang untuk mengukur kemampuan umum yang diduga menentukan keberhasilan calon mahasiswa di semua program studi, yakni kemampuan penalaran tingkat tinggi (higher order thinking).

SBMPTN 2018 adalah seleksi yang dilakukan oleh PTN di lingkungan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) dan Kementerian Agama secara bersama di bawah koordinasi Panitia Pusat dengan seleksi berdasarkan hasil UTBC (Ujian Tulis Berbasis Cetak), UTBK (Ujian Tulis Berbasis Komputer), atau kombinasi hasil Ujian Tulis (UTBC/UTBK) dan Ujian Keterampilan calon mahasiswa.

Persyaratan
1. Pendaftaran
Lulusan SMA/SMK/MA atau sederajat atau Paket C tahun 2016 dan 2017 harus memiliki ijazah.

  • Lulusan SMA/SMK/MA atau sederajat atau Paket C tahun 2018 minimal harus memiliki Surat Keterangan Lulus (SKL), sekurang-kurangnya memuat informasi jati diri dan foto terbaru yang dibubuhi cap stempel yang sah.
  • Peserta seleksi memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran pembelajaran di program studinya.

2. Penerimaan di PTN
Peserta seleksi lulus SMA/MA/SMK atau sederajat atau Paket C, lulus SBMPTN 2018, sehat, dan memenuhi persyaratan lain yang ditentukan oleh masing-masing PTN penerima.

Jalur Masuk Unnes Melalui Seleksi Mandiri

SBMPTN adalah seleksi yang mengedepankan asas kepercayaan dan kebersamaan. Soal ujian tertulis SBMPTN dirancang untuk mengukur kemampuan umum yang diduga menentukan keberhasilan calon mahasiswa di semua program studi, yakni kemampuan penalaran tingkat tinggi (higher order thinking).

Seleksi Mandiri Universitas Negeri Semarang (SM-Unnes) adalah seleksi penerimaan mahasiswa baru jenjang D3, S1, S2, S3, dan Profesi yang diselenggarakan secara mandiri oleh Universitas Negeri Semarang dalam bentuk ujian tertulis dan/atau ujian keterampilan seni/olahraga. Pendaftaran dilaksanakan secara bertahap sesuai dengan jalur penerimaan.

Pendaftaran Seleksi Mandiri dilakukan secara online. Ada beberapa jalur yang dapat dipilih oleh calon mahasiswa baru Unnes melalui Seleksi Mandiri. Adapun jalur tersebut antara lain:

  1. S1 Jalur Prestasi
  2. S1, D3 Jalur Reguler
  3. S1, D3 Jalur Bidikmisi
  4. S2, S3 Jalur Reguler
  5. S2, S3 Jalur Khusus
  6. S2, S3 Jalur Kerjasama
  7. S2, S3 Jalur Beasiswa
  8. Pendidikan Profesi
  9. Transfer

Adapun informasi pembukaan jalur jenjang melalui Jalur Seleksi Mandiri Unnes dapat dilihat disini.

LEAVE A REPLY