SEMARANG, cahUnnes.comSeleksi Nasional Mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) Tahun 2015 telah diluncurkan Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Prof Dr Mumammad Nasir. Sementara itu, pendaftaran akan dimulai tanggal 22 Januari 2015 nanti.

Tahapan penerimaan mahasiswa baru jalur SNMPTN 2015 tidak jauh berbeda dengan tahun lalu, yang diawali pengisian Pangkal Data Siswa dan Sekolah (PDSS). Panitia SNMPTN menghimbau siswa dan sekolah agar jujur dalam pengisian data tersebut.

Syarat untuk mengisikan PDSS adalah pihak sekolah wajib memiliki Nomor Pokok sekolah Nasional (NPSN), sehingga pihak sekolah dapat mendaftarkan siswanya untuk mengikuti SNMPTN. Jika pihak sekolah belum mempunyai NPSN, maka sekolah wajib mengurusnya apabila anak didiknya mau diikut sertakan mengikuti SNMPTN 2015.

SNMPTN merupakan salah satu jalur penerimaan mahasiswa yang kuotanya 50 persen dari total penerimaan mahasiswa baru. Jalur ini sering disebut jalur undangan. Sedangkan jalur Seleksi Bersama Mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri (SBNPTN) atau ujian tulis kuotanya diplot untuk 30 persen dari total penerimaan mahasiswa baru, dan sisanya melalui jalur mandiri sebanyak 20 persen.

Penilaiaan terhadap peserta SNMPTN didasarkan pada hasil penelusuran prestasi dan portofolio akademik siswa tersebut, di mana pembiayaan dari ujian ini ditanggung oleh pemerintah alias gratis. Sedangkan penilaiaan dari seleksi jalur SBMPTN adalah hasil ujian tulis atau kombinasi ujian tulis dan ujian ketrampilan. Sedangkan ujian mandiri dilaksanakan sendiri atau beberapa perguruan tinggi secara nasional dengan pembiayaan yang dibebankan kepada peserta.

Siswa yang akan mendaftar di SNMPTN dapat melakukannya secara online melalui wabsite snmptn.ac.id dan mengikuti tuntunan yang telah disiapkan oleh panitia pusat.

Adapun jadwal penyelenggaraan SNMPTN 2015 adalah sebagai berikut:

Pengisian PDSS:
22 Januari – 8 Maret 2015

Pendaftaran:
13 Februari – 15 Maret 2015

Proses Seleksi:
16 Maret – 8 Maei 2015

Pengumuman Hasil:
9 Mei 2015

Proses Verisikasi dan atau Daftar Ulang:
9 Juni 2015

(Bicho)

LEAVE A REPLY