SEMARANG, cahUnnes.com – Beredarnya informasi mengenai ijazah palsu Universitas Negeri Semarang (Unnes) menjadi keresahan banyak pihak. Oleh karena itu, Pembantu Rektor 1 Unnes Prof Dr Rustono MHum memberikan tips untuk membedakan ijazah Unnes asli dengan yang palsu.

Pembantu Rektor Bidang Akademik Unnes, Prof Rustono menjelaskan Unnes memiliki nomor barcode untuk mengetahui identitas akademik mahasiswa. “Sehingga yang tidak melakukan perkuliahan alias hanya membeli yang palsu tidak akan muncul identitasnya,” tandasnya, Kamis (18/6/2015) seperti dilansir laman Tribun Jateng.

Kalau tidak pernah kuliah, katanya, namun memiliki ijazah Unnes, itu bukan mahasiswa Unnes. Menurutnya sistem perkuliahan di Unnes sudah berstandar. Semua lulusan Unnes pasti kuliah sesuai dengan standar yang telah ditetapkan.

“Apabila ada seseorang yang meragukan keaslian ijazah Unnes, bisa datang ke kampus dan dicek secara langsung,” imbuhnya.

Rustono mengaku jika kejadian pemalsuan ijazah Unnes oleh sindikat ini baru pertama kali dialami Universitas Konservasi itu. Oleh karena itu, ia meminta kepolisian apabila telah menemukan data yang konkret untuk segera menindak lanjuti sesuai dengan ketentuan hukum.

Ijazah Unnes
Foto: eduspictures.wordpress.com

(Bukhori)

LEAVE A REPLY