cahUnnes.com – Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2014 akan dibuka mulai 17 Februari – hingga 31 Maret 2014 nanti. Nah, ketika melakukan proses pendaftaran ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan.

Langkah pertama yang harus kamu lakukan ketika sudah menerima password dari kepala sekolah adalah mendaftarkan diri melalui laman snmptn.ac.id.

“Setelah mendaftar dalam Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS), panitia akan memberikan password bagi siswa melalui Kepala Sekolah. Dengan menggunakan NISN dan password tersebut siswa login ke situs SNMPTN untuk melakukan pendaftaran,” terang ketua SNMPTN 2014 Ganjar Kurnia di Jakarta, Sabtu (15/2).

Tindakan selanjutnya setelah berhasil login, siswa harus mengisi biodata, pilihan PTN, dan program studi (prodi) yang diinginkan. Kemudian pendaftar harus mengunggah pasfoto resmi terbaru dan dokumen prestasi tambahan jika ada.

“Untuk pendaftar yang memilih prodi olahraga dan seni ada portofolio bukti keterampilan yang harus dilampirkan. Bisa berupa data atau video. Misalnya kemampuan lari, bisa lari berapa jauh dalam berapa menit. Atau kemampuan menari dalam bentuk video,” tambah Ganjar.

Langkah terakhir dari proses pendaftaran adalah mencetak kartu pendaftaran. “Kalau sudah selesai, cetak kartu bukti pendaftaran sebagai tanda bukti peserta SNMPTN”, pungkasnya.

(Bicho)

LEAVE A REPLY