Hadapi MEA, Unnes Dirikan Pusat Studi ASEAN

Hadapi MEA, Unnes Dirikan Pusat Studi ASEAN

SEMARANG, cahUnnes.com – Universitas Negeri Semarang (Unnes) meresmikan Pusat Studi ASEAN 2015 (PSA) untuk menyongsong komunitas ASEAN 2015. Peresmian dilakukan di Dekanat Fakultas Hukum (FH) Kampus Sekaran, Jumat (18/12/2015).

Unnes merangkul Direktorat Jenderal Kerja Sama ASEAN Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia (Kemlu RI) untuk mendirikan pusat studi yang nantinya digunakan untuk pengkajian ilmiah masalah-masalah hubungan dan kerja sama regional. Nota Kesepahaman (Memorandum of Understanding-MoU) antara ditandatangani Rektor Unnes Prof Dr Fathur Rokhman MHum dan Direktur Jenderal Dirjen Kerja sama Kemlu RI I Gusti Agung Wesaka Puja.

Ruang lingkup kerjasama ini diantaranya meliputi pendidikan,pelatihan, workshop, lokakarya, seminar, diskusi, penelitian/pengkajian ilmiah mengenai masalah-masalah hubungan dan kerja sama regional, pengabdian kepada masyarakat, publikasi dan penerbitan karya ilmiah dan kegiatan lain yang sejalan dengan fungsi dan tugas kelembagaan termasuk kegiatan magang mahasiswa.

Prof Fathur Rokhman menyampaikan, Jawa Tengah memiliki potensi besar, untuk terus meningkatkan kapasitas serta kemampuan masyarakat untuk memperkuat daya saing dan ikut bersaing dalam pasar ASEAN.”

Sementara itu, I Gusti Agung Wesaka Puja menegaskan, melalui penandatanganan MoU ini, Kemlu berupaya untuk menggiring segenap potensi yang ada di Unnes secara khususnya,Jawa Tengah pada umumnya sebagai bagian dari upaya mempersiapkan masyarakat Indonesia dalam menyongsong terwujudnya Komunitas ASEAN 2015.

BUKHORI

Foto: Unnes.ac.id

LEAVE A REPLY