cahUnnes.com – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo merasa terpikat dengan Sistem Informasi Produk dan Komoditas Pertanian (Sipaktani) saat mengunjungi stan Unnes pada Pameran Produk Inovasi, Sabtu (16/11) di PRPP Semarang.

Orang nomor satu Jawa Tengah itu secara khusus menanyakan sistem kerja produk tersebut.
“Tolong emailkan Sipaktani ke saya, ya!,” kata Ganjar kepada penjaga stan.

Sipaktani merupakan inovasi yang diciptakan oleh salah satu peneliti Unnes, Dr Suciningsih Dian WP MSi untuk membantu petani dalam mengakses informasi pertanian. Hal tersebut di latar belakangi oleh permasalahan lapangan berkaitan dengan pemberdayaan kelembagaan pertanian, masalah komunikasi, dan teknologi informatika menjadi faktor pendukung dalam penyebaran informasi di segenap lapisan masyarakat, khususnya petani.

Menurut Dr Suciningsih yang juga ketua Jurusan Ekonomi pembangunan mengungkapkan bahwa Sipaktani telah diujicobakan di tiga kabupaten, yakni Kabupaten Magelang, Grobogan dan Klaten. Produk difokuskan pada pemanfaatan dan pengembangan teknologi informasi lembaga penyuluhan pertanian untuk meningkatkan ketahanan pangan.

Selain Sipaktani, Unnes yang diwakili Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat (LP2M) juga memamerkan inovasi produk pangan lain berupa olahan makanan dari jagung, ubi, serta biji durian. Bahan – bahan tersebut kemudian diolah menjadi roti tawar, egg roll, bolu gulung, cheese stick, bronis serta bakpao dengan bahan baku berupa bahan – bahan lokal.

Adapun inovasi lainnya adalah IC Lock (alarm motor kode lampu) tahan air untuk kendaraan bermotor. Produk itu pernah dipresentasikan tim Pimnas Ke-26 di Universitas Mataram beberapa waktu yang lalu.

Pameran inovasi yang dilaksanakan di PRPP itu akan digelar hingga 18 November 2013 dan diikuti oleh 110 stan yang memamerkan produk berupa karya inovas teknologi dari SMK/SMA, perguruan tinggi, dan UKM/IKM di Jawa Tengah. (IBALH)

LEAVE A REPLY