SEMARANG, cahUnnes.com – Kamu lulus Seleksi Mandiri? Bisa saja kamu gagal menjadi mahasiswa Universitas Negeri Semarang (Unnes) apabila tidak mengikuti tes kesehatan dan melakukan registrasi.

Kepala Bagian Pendidikan Biro Administrasi Akademik Kemahasiswaan dan Kerjasama (BAAKK) mengatakan, tes kesehatan dilakukan di Fakultas Ilmu Keolahragaan. Setelah mengikuti tes kesehatan, calon mahasiswa melanjutkan proses di Auditorium Kampus Unnes Sekaran.

“Ini untuk antisipasi nanti pada waktu mahasiswa melakukan Program Pengenalan Akademik (PPA) dan tidak berpengaruh pada pemilihan jurusan,” terangnya seperti disitat laman Unnes.ac.id (12/8/2014).

Menurutnya jika dalam pemeriksaan ternyata calon mehasiswa buta warna program studi yang dipilih mensyaratkan tidak buta warna, maka calon mahasiswa tersebut ada catatan tersendiri untuk pindah prodi yang tidak mensyaratkan buta warna.

Dalam registrasi ini calon mahasiswa baru harus melakukan beberapa tahapan, diantaranya verifikasi data untuk mencocokkan data calon mahasiswa ketika mengisi pada waktu mendaftar, pemotretan kartu mahasiswa, pengembalian berkas, pencetakan kartu tanda mahasiswa (KTM), ukur jaket, pemesanan buku paket, dan pembukaan rekening Bank BNI.

“Calon mahasiswa baru ini setelah selesai registrasi saat itu juga resmi menjadi mahasiswa Unnes dan mendapatkan KTM sebagai identitas mahasiswa,” kata mulyadi.

(Bicho/Unnes)

LEAVE A REPLY