cahUnnes.com – Himpunan Mahasiswa Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Semarang (FMIPA Unnes), menggelar Forum Ilmiah Matematika Nasional 2013, Minggu (3/11) di kampus Sekaran.

Acara yang terselenggara atas kerja sama dengan Cerebrovit  X-Cel itu sebelumnya telah melakukan audisi di 10 wilayah di Indonesia, yakni di Pati, Semarang, Tegal, Wonosobo, Purwokerto, Solo, Yogyakarta, Jakarta, Surabaya, dan Bandar Lampung.

Ketua Panitia Yusuf Adhitya mengatakan, kompetisi ini menjadi awal untuk menjadikan Forum Ilmiah Matematrika Nasional memiliki cabang di seluruh wilayah di Indonesia.

Ajang olimpiade tahunan ini, dia mengatakan, terdiri atas 3 jenjang, yaitu SD, SMP, SMA dan sederajat. “Partisipasi peserta sangatlah tinggi, terbukti peserta tahun ini mencapai angka dua ribu. Melonjak drastis dari tahun sebelumnya,” katanya.

Mekanisme lomba, seperti yang dijabarkan Yusuf, Forum Ilmiah Matematika terdiri atas 4 babak pada semua jenjang. Persaingan sengit dimulai dari babak penyisihan, ketika peserta harus bersaing dengan peserta dari wilayah masing-masing. Dua peserta terbaik dari masing-masing wilayah kemudian menduduki kursi 50 besar.

Sejumlah 30 sisanya diambil dari ranking paralel semua wilayah. Setelah babak 50 besar peserta harus melalui babak 20 besar sebelum sampai ke babak final. 5 peserta di babak final kemudian bersaing di babak akhir untuk memperebutkan juara I, II, III, IV, dan V.

Adapun juara pada jenjang SD berturut-turut dari juara I diraih Muhammad Abdurrahman Basyah (SD IT Nurul Fikri Depok), Markus Leonard Wijaya (SD YSKI 2 Semarang), Nathaniel Lukas (SD Tri Tunggal Semarang), Angwyn Noor Aini (SDN Cemara Dua Surakarta, Hanan Fakhira Rima Wibowo (SD Al-Azhar 14 Semarang).

Jenjang SMP berturut-turut juara I sampai V, Faras Mohammed Hibban (SMP Kharisma Bangsa), Cristopel Rio Goenawan (SMP Tri Tunggal Semarang), Michel Agung Nugroho (SMP Karang Turi Semarang), Eliora Violin B. (SMP Tri Tunggal Semarang), Hasna Imtiyas Hanifah (SMP N 1 Wonosobo).

Pada jenjang SMA, juara I hingga V diraih oleh Nicholas Steven Husada (SMA Saint Piter), Ko, Abdel Arda Kusuma (SMA Karang Turi Semarang), Edwards Keitaro Heru (SMA Karang Turi Semarang), Louis Cahyadi (SMP Santa Maria), Gede Bagus Bayu P. (SMA Semesta).

Sumber : Unnes.ac.id

LEAVE A REPLY