Surat Rekomendasi adalah persyaratan wajib untuk mendapatkan beasiswa LPDP. Tanpa surat rekomendasi, kamu dipastikan gagal di seleksi administrasi LPDP.

Surat rekomendasi adalah surat yang dibuat oleh seseorang baik pemimpin perusahaan, dosen, profesor, dan pejabat lainnya yang berisi keterangan keadaan pribadi seseorang berdasarkan data-data autentik yang ada karena diminta oleh seseorang untuk kepentingan dirinya.

Bagi pemburu beasiswa, khususnya beasiswa LPDP, maka surat rekomendasi menjadi persyaratan yang tak kalah penting. Fungsinya adalah untuk meyakinkan penyelenggara beasiswa bahwa kita memang pantas memperoleh beasiswa tersebut. Biasanya, orang yang mengeluarkan surat rekomendasi itu adalah pimpinan kerja di kantor, dosen, pembimbing akademik, pembimbing skripsi atau tugas akhir, dekan, ketua jurusan, tokoh agama, tokoh masyarakat, kepala suku, dan lain sebagainya yang memang mengenal kita baik secara akademik, organisasi, kepemimpinan, keaktifan individu, dan lain-lain.

Pihak yang Bisa Merekomendasikan Beasiswa LPDP

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya bahwa ada beberapa orang yang bisa kita mintai kesediaannya untuk merekomendasikan kita, seperti:
  1. Pimpinan perusahaan;
  2. Dekan;
  3. Wakil dekan;
  4. Ketua jurusan;
  5. Sekretaris jurusan;
  6. Dosen pembimbing, baik pembimbing skripsi maupun pembimbing akademik;
  7. Dosen lainnya;
  8. Tokoh agama;
  9. Politisi;
  10. Tokoh masyarakat;
  11. Kepala adat/kepala suku;
  12. Ketua organisasi; dan.

Tips Meminta Surat Rekomendasi Beasiswa LPDP

  1. Hubungi dosen yang benar-benar mengetahui track record kita selama di kampus (bisa Dosen PA, Dosen Pembimbing Skripsi, Dosen yang pernah bekerja sama dengan kita atau Ketua Jurusan dan Dekan).
  2. Minta surat rekomendasi ke Dekan atau Kajur bakal meningkatkan penilaian kita di mata reviewer.
  3. Buatlah draft surat rekomendasi (menurut kita sendiri, dari sudut pandang penilaian orang lain) sebelum menghadap ke Dosen. Dosen juga manusia dan tidak mungkin beliau mengingat pencapaian kita apa aja. Nah dengan adanya draft ini akan sedikit membantu Dosen mereview ulang memori tentang kita.
  4. Jika kamu sudah bekerja, kamu juga bisa minta surat rekomendasi ke atasan di kantor itu kalo kita akan kembali mengabdi ke kantor tersebut (biasanya PNS).

Format Surat Rekomendasi Beasiswa LPDP

Di dalam buku panduan beasiswa LPDP yang tadi saya sebutkan, LPDP sudah menyertakan lampiran Format Surat Rekomendasi: Panduan Pendaftaran Beasiswa halaman 28-30. Karena buku panduan tersebut dalam format pdf, maka saya sudah membuat file baru dalam format .doc. Kamu dapat mengunduh file surat rekomendasi beasiswa LPDP di sini.

LEAVE A REPLY