Fasilitas Lengkap Yang Bikin Nyaman Kuliah di Unnes

Fasilitas Lengkap Yang Bikin Nyaman Kuliah di Unnes

Universitas Negeri Semarang (Unnes) adalah salah satu kampus eks-IKIP yang berada di Kota Semarang. Secara administratif kampus Unnes terletak di Kelurahan Sekaran, Kecamatan Gunungpati, Kota Semarang. Kampus Unnes terletak di perbukitan, sehingga suasana di kampus konservasi ini relatif sejuk.

Selain memiliki suasana yang sejuk, Unnes juga memiliki segudang fasilitas yang menjadi salah satu daya tarik bagi seseorang untuk memutuskan kuliah di Unnes. Berikut kami informasikan beberapa fasilitas di kampus Unnes.

Asrama Mahasiswa

Bagi mahasiswa Unnes yang tidak mampu dan berasal dari luar kota Semarang, disediakan asrama mahasiswa di tiga lokasi yang berbeda. Lokasi asrama khusus putra berada di Sekaran, khusus putri berada di Kalisegoro, dan untuk putra dan putri berada di Ngaliyan.

Selain nyaman untuk belajar, asrama Unnes memiliki beberapa program pelatihan, di antaranya bahasa Inggris, kepemimpinan, memasak, dan menari. Terkadang pengelola mengadakan outbond agar penghuni asrama dapat akrab satu sama lain.

Sarana Ibadah

Sebagian besar mahasiswa Unnes adalah muslim. Di lingkungan kampus tersedia masjid, yaitu Masjid Ulul Albab, musala-musala yang tersebar di berbagai fakultas. Tak jauh dari kampus Kelud tersedia vihara untuk penganut agama Buddha, pura untuk pemeluk Hindu, dan gereja untuk umat kristiani.

Sarana Kesehatan

Unnes juga menyediakan Pusat Layanan Kesehatan (Puslakes). Mahasiswa UNNES yang sakit atau membutuhkan obat, dapat datang ke Puslakes. Puslakes memberikan layanan kesehatan dengan biaya yang terjangkau. Letaknya sekitar 50 meter dari kampus. Selain itu, ada pula Puskesmas Sekaran, beberapa klinik, dan praktik dokter di sekitar Sekaran dan Patemon.

Fasilitas Olahraga

Di Unnes tedapat gedung olahraga Prof. Soegijono didalamnya terdapat lapangan bulutangkis, lapangan sepak takraw, lapangan bola voli indoor, lapangan basket Indoor, peralatan senam, lapangan bela diri.

Jika kamu ingin olahraga outdoor juga terdapat lintasan sintetis atletik, lapangan sepakbola, mini golf dan driving range, lapangan softball/baseball dan hoki, lapangan tenis, lapangan voli pantai, lapangan basket, lapangan bola voli outdoor, dan kolam renang. Satu lagi jika ingin jogging santai juga terdapat jogging track dengan panjang mencapai 4 Km mengitari kampus Unnes yang sejuk.

Jaringan Internet Gratis

Unnes juga menyediakan jaringan internet menggunakan bandwidth sebesar 16 GB didukung oleh koneksi serat optik antarfakultas. Hotspot dapat diakses dengan mudah dan nyaman di seluruh wilayah kampus UNNES dan digunakan secara gratis. Dengan fasilitas itu, kamu dapat menyaksikan film atau pun googling untuk mencari referensi tambahan hanya dari balik layar laptop atau ponsel kamu.

Belanja dan Hiburan

Nggak perlu bingung kalau mau belanja. Di Sekaran sekarang sudah banyak toko dan minimarket yang menyediakan hampir seluruh kebutuhan mahasiswa. Baik keperluan kuliah maupun keperluan hidup bisa kamu dapatkan di sini.

Di Sekaran juga banyak kafe yang cocok untuk nongkrong. Pengelola kafe menyediakan aneka menu makanan dan minuman. Mau cari kopi ada, cari coklat ada, cari susu juga ada.

Kalau mau cari hiburan, kamu bisa mendapatkannya di Sampangan dan pusat kota. Di sana ada tiga bioskop yang menayangkan film-film terbaru kesukaan kamu.

Fasilitas Akademik

Unnes memiliki pula fasilitas yang menunjang akademik agar kamu senang dan nyaman belajar. Untuk menunjang akademik kamu, Unnes memiliki perpustakaan, ruang kuliah, laboratorium, balai bahasa, sistem akademik terpadu (Sikadu), E-journal yang dapat membantu mahasiswa lebih semangat belajar dan memiliki banyak referensi bacaan kuliah.

Pusat Kegiatan Mahasiswa

PKM dan gedung UKM Unnes merupakan tempat berbagai kegiatan mahasiswa Unnes. Di sini pula terdapat sekretariat berbagai organisasi kemahasiswaan yang ada di Unnes. Nah, untuk jenis unit kegiatan mahasiswa, dibagi dalam tiga macam jenis kegiatan, yakni UKM sastra dan seni, UKM olahraga, dan UKM minat.

Dalam UKM Sastra dan Seni yang terdapat di Unnes, ada beberapa kegiatan seni yang dilakukan oleh mahasiswa. Kegiatan itu meliputi marching band, rebana modern, paduan suara, ketoprak, tari klasik, tari kreasi, karawitan, panembrama (tembang untuk menyambut tamu agung), wayang orang, foto graficlic, teater SS, cakra, dan english debate society.

Sedangkan dalam UKM olahraga terdapat beberapa kegiatan yang dilakukan, di antaranya bulu tangkis softball, hoki, bola voli, atletik, tenis meja, tenis lapangan, bola basket, renang, catur, taekwondo, dan karate.

Dalam UKM minat juga terdapat beberapa kegiatan menarik yang dilakukan oleh mahasiswa, meliputi Pramuka Racana Wijaya, Resimen Mahasiswa, KSR-PMI (Korps Sukarela-Palang Merah Indonesia), Mahapala, dan Gerhana.

LEAVE A REPLY