Ibaratkan saja kita memiliki buku catatan harian yang kita tulis setiap hari. Perlu diketahui melalui buku catatan harian tersebut kita telah melakukan proses pendokumentasian/ penyimpanan informasi. Informasi tersebut bisa berupa kegiatan sehari-hari (diary), peristiwa, pemikiran ilmiah, dan informasi lainnya.

Nah di zaman digital seperti sekarang ini sebagian orang menuangkan tulisan/ informasi tidak lagi di buku catatan. Melainkan mereka menuangkan informasi di tempat penyimpanan online yang disebut blog.

Pengertian sederhananya blog adalah tempat menuimpan catatan atau informasi secara online.

Baca juga Cara Membuat Email di My Unnes

Universitas Negeri Semarang (Unnes) yang mengusung semangat Rumah Ilmu mendorong mahasiswanya untuk menuangkan gagasanya melalui blog. Mengapa melalui blog? Karena blog dapat diakses oleh banyak orang secara cepat. Bisa jadi gagasan tersebut dapat bermanfaat bagi orang banyak.

Cara Bikin Blog Unnes

Unnes memberikan fasilitas gratis kepada mahasiswa berupa blog sebagai wadah untuk menuangkan gagasan. Tidak hanya memberikan fasilitas blog, Unnes juga memfasilitasi antar blogger Unnes untuk saling berinteraksi dalam forum. Sesuai dengan keberminatannya masing-masing.

Adapun langkah-langkah bikin blog Unnes adalah sebagai berikut:

1. Masuk ke website Blog Unnes di http://blog.unnes.ac.id

2. Lalu lakukan pendaftaran disini (pendaftaran harus dilakukan menggunakan wifi kampus/ jaringan internet Unnes)

3. Isikan data Anda pada form yang telah disediakan

4.  jangan lupa beri contreng pada blog detail dan pilih “yes

5. Kemudian Complete Sign Up. pengisian form telah selesai

6. Langkah selanjutnya aktivasi bahwa anda telah mendaftarkan alamat blog anda di Blog unnes dengan membuka email students yang telah diapprove di mail.google.com

7. Aktivasi akan ada di folder Spam. bukan inbox

Selamat kini Anda telah memiliki blog dengan domain [dot]unnes[dot]ac[dot]id.

Semoga artikel ini membantu. Semoga bermanfaat.

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY