SEMARANG, cahUnnes.com – Seseorang yang bergelut dalam dunia bisnis harus bermental baja. Apalagi ketika memulai bisnis dari nol. Hidup tidak linier, yang penting ada tujuan, niat, motivasi, dan dijalankan. Hal itu disampaikan CEO MNC Group Hary Tanoesoedibjo (HT) saat mengisi kuliah umum di Universitas Negeri Semarang (Unnes), Rabu (3/6/2015).

“Membangun dunia usaha dan sukses tidak bisa dicapai hanya dua sampai tiga tahun. Butuh waktu hingga 20 tahun lebih agar MNC Group bisa besar seperti sekarang,” tandasnya di depan ribuan mahasiswa Unnes.

Pria yang akrab disapa HT itu menjelaskan seorang yang terjun ke dunia bisnis membutuhkan proses dan menelan waktu cukup lama, “15 tahun pertama itu belum apa-apa. 15 tahun itu cuma mendapat 10 persen. Nah, 10 tahun terakhir (hasil) yang dibangun itu 90 persen,” ungkap HT seperti dilansir laman Okezone.

Menurutnya, untuk menuju kesuksesan membutuhkan proses, pengalaman, jaringan, modal, kredibilitas, dan lain-lain. “Jangan ngoyo nanti malah terjungkal,” tegasnya.

(Bhubhu)

Foto: Okezone.com

LEAVE A REPLY