cahUnnes.com – Pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) yang dilaksanakan pada tanggal 9 April 2014, ditengarai akan membuat sebagian besar mahasiswa tidak bisa menggunakan hak pilihnya. Pasalnya tanggal pelaksanaan Pemilu terletak diantara hari – hari aktif kuliah.

“Kalau saya pulang kampung, rasanya tidak memungkinkan. Perjalanan dari kampus ke rumah terlalu jauh. Kemungkinan saya tidak akan menggunakan hak pilih.” ujar Bahrul, Mahasiswa asal Kuningan saat dihubungi cahUnnes.com, Sabtu (22/2).

Hal berbeda dikatakan oleh Mahasiswa FMIPA asal Pati, Chaerul. Ia mangaku tidak masalah jika harus pulang ke rumah untuk menggunakan hak suara. Namun, hal itu menurutnya terlalu melelahkan. “Pemilu itu penting, dan karenanya saya akan merelakan diri untuk pulang, meskipun sebenarnya saya merasa cukup keberatan.” tuturnya.

Kepala Menteri Luar Negeri (Menlu) BEM KM Unnes, Mars Dwika menyampaikan kepada cahUnnes.com bahwa pihaknya akan melakukan upaya bantuan advokasi terhadap mahasiswa yang ingin menggunakan hak pilihnya di TPS sekitar kampus.

“BEM KM tidak memungkinkan jika menyelenggarakan TPS di dalam kampus. Karena TPS sudah ditetapkan dan diputuskan oleh KPU. Hal yang masih memungkinkan untuk kami lakukan adalah melakukan advokasi untuk mahasiswa yang mengurus surat pindah PPS dari asal, yaitu surat A5 untuk diajukan ke PPS di Semarang (sekitar kampus Unnes),” terangnya.

Dwika menambahkan ketika surat A5 sudah diajukan ke PPS di Semarang, selanjutnya petugas PPS setempat akan menginput data kepindahan dan memasukkan yang bersangkutan sebagai Daftar Pemilih Tambahan (DPTb).

“Ini merupakan upaya dari BEM KM Unnes supaya mahasiswa Unnes dimana pun posisinya harus bijak untuk bisa menggunakan hak pilihnya. Tidak ada alasan lagi untuk golput.” ujarnya.

BEM KM Unnes telah membuat jadwal terkait advokasi pemindahan surat A5 mulai dari PPS asal hingga PPS di Semarang.

20 – 24 Februari 2014              : Pendaftaran lewat web di http://bit.ly/unnesmemilih
25 Februari 2014                        : Pengumuman tempat TPS tujuan
25 Februari – 4 Maret 2014 : Mahasiswa mengurus surat A5 di daerah asal.
6 Maret 2014                         : Mengumpulkan surat A5 ke BEM KM Unnes.

Untuk informasi lebih lanjut bisa menghubungi 085726248591 (Listiaji) / 089667856065 (Dwika).

LEAVE A REPLY