Pendidikan Guru Sekolah Dasar atau PGSD adalah salah satu jurusan paling favorit di Universitas Negeri Semarang (Unnes) dari tahun ke tahun. Hal ini bisa dibuktikan dari banyaknya pendaftar dan juga kuota yang dibuka untuk jurusan tersebut.

Selain itu, jurusan PGSD adalah salah jurusan yang terkenal paling unik diantara jurusan-jurusan lain di Unnes. Berikut beberapa keunikan dari PGSD Unnes.

Kampus terpisah dari kampus pusat

Jurusan PGSD UNNES memiliki 2 kampus yang terpisah dari kampus pusat di Sekaran, Gunungpati. Kampus pertama terletak di daerah Wonosari, Ngaliyan, Semarang. Sedangkan kampus kedua berada di kota Tegal. Meskipun kampus pertama sama-sama berada di Semarang, tapi jarak dari kampus pusat juga cukup jauh yaitu sekitar 40 menit. Terpisahnya kampus PGSD dari kampus pusat ini tentunya memiliki sensasi tersendiri, karena dalam kegiatan sehari-hari di kampus, mahasiswa PGSD hanya bertemu dengan teman satu jurusan saja. Selain itu, untuk beberapa urusan administrasi seperti mendaftar wisuda atau mencari tanda tangan dekan, mahasiswa PGSD harus bolak-balik ke kampus pusat.

Kuliah Berseragam

Berbeda dengan jurusan lain yang kebanyakan memperbolehkan mahasiswanya untuk memakai pakaian bebas saat kuliah, mahasiswa PGSD harus mengenakan seragam: hitam putih untuk hari Senin sampai Rabu, dan kemeja batik untuk hari Kamis hingga Jumat. Jangan harap kamu bisa memakai celana jeans saat kuliah. Celana yang dipakai harus berbahan kain, sedangkan untuk mahasiswi juga harus memakai rok sebagai bawahan.

Wajib Tampil Rapi

Selain wajib berseragam, mahasiswa PGSD juga harus rapi dari ujung rambut sampai ujung kaki. Jangan harap bisa berambut gondrong bagi para cowok atau mewarnai rambut buat para cewek. Rambut harus dicukur rapi. Penampilan dari baju, sepatu, juga mesti diperhatikan.

Semua ini tentunya bukan tanpa tujuan. Mahasiswa PGSD dipersiapkan menjadi calon guru SD yang akan banyak berinteraksi dengan anak yang masih memiliki sifat sebagai peniru. Jadi, nggak heran dong, guru harus memberikan teladan sebaik-baiknya, baik dari segi penampilan maupun karakter. Percaya deh, buat kalian yang sudah jadi guru SD pasti paham kalau anak-anak adalah pemerhati yang sangat baik. Ada noda sedikit di baju atau jilbab yang dikenakan guru miring sedikit, pasti anak-anak akan mengatakannya.

Wajib mengikuti kegiatan kemahasiswaaan

Mahasiswa PGSD wajib bergabung atau mengikuti salah satu diantara beberapa unit kegiatan mahasiswa yang ada.

LEAVE A REPLY