Belajar merupakan salah satu kunci utama untuk menuju kesuksesan. Itulah salah satu kalimat yang dapat memotivasi seorang siswa. Semua ilmu pengetahuan yang dikuasai seseorang tidak akan datang begitu saja tanpa diiringi oleh proses belajar yang baik. Proses belajar yang baik tentu akan memudahkan seorang siswa untuk menguasai materi yang dipelajarinya.

Tapi pada nyatanya, saat seorang siswa sedang belajar mereka selalu merasa tidak nyaman sehingga mereka tidak dapat menyerap informasi yang dipelajari dengan maksimal. Hal ini terjadi karena mereka tidak melakukan metode belajar yang efektif. Jika seorang siswa tidak belajar dengan cara yang benar, saat sedang ujian mereka tidak akan pernah merasa siap dan akan berfikir keras untuk mengisi selembar kertas kosong yang ada dihadapannya. Pernahkah anda melakukan 6 kesalahan dalam belajar berikut ini?

1. Belajar Pasif
Membaca adalah satu langkah awal dalam belajar, tetapi belajar itu tidaklah cukup hanya dengan membaca saja. Inilah yang dinamakan belajar pasif. Untuk belajar secara efektif, anda harus melakukan langkah-langkah seperti menulis, merangkum materi dan menjawab beberapa pertanyaan terkait dengan materi untuk membantu memudahkan otak dalam memahami dan mengingat materi.

2. Belajar Tidak Terstruktur
Setiap topik yang anda pelajari pasti memiliki tingkatan-tingkatan dari urutan materi yang mudah sampai materi yang paling sulit. Sebagai gambaran adalah saat anda belajar matematika. Sebelum anda belajar menghitung volume sebuah balok anda harus mempelajari terlebih dahulu dasar-dasar matematika seperti perkalian, pembagian, penambahan, dan pengurangan. Maka dari itu, mustahil untuk menguasai bab 3 tanpa mempelajari bab 1 dan 2 terlebih dahulu. Selalu luangkanlah waktu untuk mengulas materi yang akan digunakan untuk belajar sehingga dapat memisahkan antar materi yang sulit dan yang mudah untuk dipelajari terlebih dahulu.

3. Satu Kali Ulasan
Ingatan pada otak dapat diperkuat dengan pengulangan. Maksudnya, dengan mengulas materi selama beberapa kali dapat memudahkan otak untuk mengingat materi yang dipelajari. Jangan pernah membodohi diri sendiri dengan percaya diri bahwa anda benar-benar telah menguasai materi hanya dalam satu kali ulasan. Ini adalah hal bodoh yang sering dilakukan karena mustahil otak kita mengingat beberapa materi sekaligus hanya dengan satu kali ulasan. Beberapa informasi mungkin dapat diserap, sedangkan yang lainnya akan lenyap dan menguap.

Mengulangi materi beberapa kali saat belajar dapat membuat otak lebih mudah untuk mengingatnya. Lakukan belajar seminggu atau lebih sebelum adanya ujian. Ini merupakan salah satu metode terbaik untuk mempersiapkan diri dalam menguasai materi.

4. Malas Meninjau Materi
Otak akan bekerja dengan baik jika didalamnya ada kerangka tentang materi yang akan kita pelajari. Ini dapat membantu memudahakan otak anda dalam mengingat setiap materi yang dipelajaari. Usahakan untuk selalu membaca materi yang akan dipelajari besok di sekolah. Hal ini dapat membantu menggambarkan seperti apa materi yang akan dipelajari sehingga anda akan mudah dalam memahaminya.

5. Tidak Mempedulikan Gambar
Salah satu kesalahan yang sangat umum dilakukan oleh para siswa adalah pura-pura tidak melihat gambar atau grafik yang terdapat pada buku bacaan mereka. Padahal, keberadaan gambar atau grafik tersebut memiliki tujuan tertentu. Mungkin saja si penulis buku tersebut ingin menyanpaikan informasi dengan mudah melalui grafik atau gambar. Lain kali, saat anda membaca buku, pastikan untuk melihat gambar atau grafik yang tertera pada buku tersebut.

6. Kebut Semalam
Para siswa biasanya lebih suka untuk belajar sampai larut malam sebelum ujian digelar. Ini sebenarnya merupakan salah satu metode yang salah dan fatal dilakukan pada malam sebelum ujian digelar. Seringkali siswa memaksa otak mereka untuk dijejali materi-materi yang akan digunakan untuk ujian hingga larut malam, kemudian tidur dengan andrenalin yang telah terpompa melalui pembuluh darah mereka.

Ketika ini terjadi, resiko yang anda dapat adalah kurangnya tidur sehingga anda akan mengerjakan ujian dengan muka pucat dan tidak bersemangat. Saat mengerjakan ujian, justru apa yang anda pelajari semalam akan banyak yang menguap dari otak. Ini dapat menimbulkan kepanikan dan anda tidak dapat mengerjakan soal-soal secara maksimal.

Semua hal tidak dapat dilakukan dengan cara yang instan. Sebaik-baiknya belajar adalah menggunakan cara-cara yang benar. Selain memudahkan otak, belajar dengan tahap demi tahap juga dapat membuat materi yang dikuasai akan maksimal. Semoga bermanfaat.

[Sumber]

LEAVE A REPLY