cahUnnes.com – Memang benar, wisuda adalah momen yang berharga bagi para pemuda. Wisuda sering banget dianggep sebagai bukti kalau salah satu pencapaian besar hidup, yaitu menempuh pendidikan. Ketika kita lulus kuliah, wisuda emang dibuat untuk merayakan kelulusan kita itu.

Eits, tapi kalau dilihat-lihat lagi, sekarang-sekarang ini esensi utama wisuda kayaknya udah bukan sekadar ngerayain kelulusan deh. Justru budaya-budaya yang muncul saat wisuda datang itulah yang malah diutamain bagi anak muda macam kita ini. Alhasil fungsi wisuda pun jadi makin banyak. Apa sajakah itu?

Foto Bareng Keluarga
Rumah mana yang nggak majang foto wisudaan? Kayaknya nggak ada. Semua keluarga selalu bangga bisa memajang bukti kalau anaknya sudah lulus dari perguruan tinggi. Karena itulah tiap kali wisuda kita pasti disuguhin sama berbagai tawaran untuk berfoto, entah itu di studio yang latar belakangnya gambar-gambar buku, di depan tulisan kampus, atau di mana pun.

Bergaya dengan Jas dan Kebaya
Weits, jarang-jarang banget ada momen di mana kamu dan teman-teman kamu bisa dandan semaksimal mungkin. Karena itulah wisuda juga bisa jadi ajang kita untuk tampil. Apalagi setelah wisuda itu ada momen foto studio, nggak enak kan kalau kita tampil biasa aja.

Karena itulah banyak juga orang-orang yang niat banget mempersiapkan dirinya. Beli bahan untuk kebaya, keliling-keliling mal untuk jas dan sepatu yang pas, nyari tukang jahit dan nyari salon untuk make up, serta dandanan dari pagi buta. Nyunyu sih mau ngingetin aja, jangan sampe tampilan kamu pas wisuda sampe seheboh ondel-ondel.

Momen Perkenalan Pacar dan Keluarga
Punya pacar yang mau wisuda? Nyunyu yakin pasti ada dari kamu yang deg-degan karena pas wisuda nanti untuk pertama kalinya kamu bakal ketemu orang tua si pacar.  Yap, wisuda emang jadi ajang pertemuan antara pacar dan orang tua. Untuk yang emang udah kenal, wisuda bisa untuk mengakrabkan diri, untuk yang belum sempat di ajak ke rumah itu adalah saatnya kamu kenalan. Dan untuk kamu yang backstreet, wisuda adalah ajang untuk menguji keberanian kamu. Nah lho?!

Motivasi Untuk Cepet Cari Pacar
Nggak tau dari mana awal mitosnya, semua orang mikir kalau wisuda itu harus punya pendamping wisuda yang notabenenya adalah pacar. Nah, karena itulah banyak banget orang yang ngerasa harus udah punya pacar sebelum wisuda dateng. Biar pas keluar dari ruang upacara wisuda ada yang ngasih bunga, biar ada yang bisa diajak foto bareng sambil gandengan, dan lain-lain. Sisi positifnya adalah, kita jadi termotivasi untuk cari pacar. Yuk, yang jomblo, mari digencarkan pencariannya.

Ajang Cari Uang
Kehabisan uang? Wisuda bisa banget dijadiin ajang cari penghasilan. Banyak yang bisa diobjekin, mulai dari buka jasa foto, jualan bunga, jualan merchandise kampus, atau bisa juga jadi joki pendamping wisuda.

Nggak cuma kita-kita aja, banyak juga pihak kampus yang menjadikan wisuda sebagai ajang cari duit, apalagi kampus-kampus swasta. Banyak kan kampus yang mematok biaya gede banget untuk wisudaan?

Kalau diliat dari katanya, wisuda itu mengalami pemborosan bahasa. Wis dalam bahasa jawa itu artinya sudah. Berarti ada wis-uda itu adalah ‘udah udah.’ Karena itu, bijak-bijaklah dalam berwisuda biar nggak cuma jadi ajang pemborosan aja. Okeh?!

Ada yang udah wisuda, atau sering dateng ke wisudaan temen, atau ada yang sampe sekarang belum wisuda-wisuda? Share pengalaman kamu di kolom komentar yah.

Sumber : Nyunyu.com

 

LEAVE A REPLY