cahUnnes.com – Kalau mendengar kata “anak kost,” yang suka muncul di pikiran orang pasti tentang kisah seorang anak rantauan yang di awal bulan makan rendang dan di akhir bulan makanin bumbunya doang. Keras hidupnya.

Untuk anak kost sendiri biasanya selalu dikait-kaitkan dengan sifat mandiri, padahal belum tentu. Masih banyak anak kost yang kuliah di Yogyakarta, baru beberapa bulan ngerantau, tapi tau-taunya mendadak pulang ke rumah.

Umm, kok gitu ya? Kamu tau gak alasannya mereka suka pulang ke rumah itu apa? Yak betul! Jawabannya: ra-ha-si-a. Tapi kami bocorin deh di sini. Biasanya ini nih alasannya anak kost pulang…

Nggak Punya Duit

Buat jadi anak kost itu nggak mudah, harus bisa mandiri dan bisa ngatur keuangannya dengan baik. Karena kalo sekalinya anak kost punya sifat boros, bisa jadi di awal bulan makan ayam bakar, di akhir bulan cuma makanin arengnya doang.

Tapi untuk kasus di atas ini emang banyak, biasanya yang suka ngalamin itu anak kost kemarin sore alias anak kost baru. Jadi ya kalau udah kayak gini nggak ada cara lain deh selain pulang ke rumah.

Libur Panjang

Yang namanya orang ngekost tentunya rumahnya nggak ada yang deket, kebanyakan dari luar pulau semua (luar pulau gadung atau pulau gebang), jadi buat balik ke rumah secara rutin tiap minggu rasanya nggak mungkin, boros ongkos. Maka dari itu biasanya anak-anak kost itu pada balik ke rumah pas libur abis ujian, kan liburnya anak kuliahan bisa dua sampe tiga bulanan tuh, baru deh dipuasin buat kangen-kangenan sama orang tua, adek, abang, adeknya abang, abangnya adeknya abang, abangnya adeknya abangnya adek, dan seterusnya.

Kangen Makanan Emak

Kebanyakan anak kost asalnya emang dari luar pulau, tapi bukan berarti nggak ada anak kost yang rumah asalnya itu deketan sama rumah kost-nya, semisal kost-nya di Jakarta, rumah aslinya Bogor.

Buat tipe anak kost yang rumahnya deket ini sih fleksibel, bisa kapan aja pulang… asalkan ada waktunya. Dan biasanya, anak kost kayak gini punya alasan pulang itu bukan lagi kepengin liburan, tapi kangen sama makanan emak.

Karena pada kenyataannya emang nggak ada yang bisa ngalahin masakan emak sih, apalagi emak-emak di warung Padang.

Pakaian Kotor Numpuk

Anak kost nggak selamanya mandiri semua. Dan indikator mandiri itu macem-macem, tapi banyak di kalangan para koster (sebutan gaul anak kost), yang nggak bisa nyuci sendiri, jadilah mereka bisanya pake jasa laundry. Dan kalau udah menuju tanggal tua, uang buat nyuci biasanya dialihkan buat beli mie instan, dan pakaian kotor jadinya udah numpuk.

Akhirnya si koster pun memutuskan pulang bawa tas gede segembol berisi baju dan kolor yang pada kotor. Pulang-pulang nambah kerjaan aja buat buat nyokap. Gak tau diri emang.

Di-DO Universitas

Ini alasan terakhir nih kenapa anak kost pulang ke rumah. Iya, di-DO atau dikembalikan ke orang tuanya… karena nggak lulus-lulus.

Tuh anak kost bener nggak tuh alasannya? Apa ada lagi? Share dong di marih.

Sumber : Kampusjogja.com

LEAVE A REPLY