Foto : androidcentral.com

cahUnnes.com- BlackBerry Messenger (BBM) akhirnya secara resmi menyambangi perangkat Android dan Apple iOS. Aplikasi ini sudah mulai bisa diunduh Pada pukul 18:00 WIB di Play Store. Sedangkan untuk perangkat iOS, aplikasi yang sama temukan di Apple App Store pada pukul 00:01 WIB, tanggal 22 September 2013 atau 6 jam setelah perangkat untuk Android diluncurkan. Namun, pada kenyataannya, BBM untuk iPhone sudah bisa diunduh gratis di Apple App Store Mulai Sabtu (21/9) sekitar Jam 22.00 WIB. Sedangkan aplikasi BlackBerry untuk Android, justru pada waktu yang telah dijanjikan belum muncul di Google App Store.

Mungkin akan terasa agak canggung terhadap pengguna yang sebelumnya belum pernah menggunakan layanan BBM ini, meskipun secara tampilan kurang lebih sama persis dengan BBM yang ada di BlackBerry saat ini. Namun jangan khawatir, karena BlackBerry menyediakan BBM.com untuk membantu pengguna yang belum pernah menggunakan BBM sebelumnya.

“Ini Super Web, bukan website biasa. Pengguna bisa mengaksesnya langsung dari perangkat mereka. Cukup memilih installer di Play Store atau App Store. Lalu, unduh,” terang Krishnadeep Baruah, Senior Director Marketing APAC for BlackBerry Messenger, di Jakarta (19/9) lalu.

Setelah diunduh, pengguna akan diminta untuk registrasi BlackBerry ID. Pendaftaran ini hanya dilakukan sekali untuk mendapatkan nomor pin, seperti yang ada di perangkat BlackBerry. Nomor ini yang nantinya akan jadi ID BBM kamu.

Nah, dari situ kamu akan mendapatkan tawaran untuk mengundang teman, kerabat, kolega, hingga saudara dari berbagi akun media sosial yang kamu punya. Misalnya mengundang teman – teman di facebook, twitterm foursquare dan lain sebagainya.

Selain itu, pengguna juga bisa menghubungkan BBM ke beberapa akun media sosial jika mau. Seperti sebelum-sebelumnya, update apa pun melalui BBM juga akan terjadi di facebook, twitter dan seterusnya atau pun sebaliknya.

Setelah itu, kamu akan masuk ke tampilan muka BlackBerry Messenger. Proses instalasi selesai. Kami bisa menambah teman dari Options (logo BB). Bagi yang sebelumnya pernah menggunakan BlackBerry, tentu hal ini bukan sesuatu yang sulit.

Tampilan depan BlackBerry Messenger
Tampilan depan BlackBerry Messenger

Hal yang menarik dari aplikasi BBM lintas platform ini adalah fitur BBM yang memungkinkan pengguna melakukan video chatting seperti halnya Skype, Yahooo Messenger atau FaceTime di Apple. Selain itu ada juga BBM Voice bagi kamu yang ingin mengobrol dengan lawan bicara tanpa harus memotong pulsa telepon. Karena layanan ini menggunakan layanan data. (IBALH)

[fresh_video url=”https://www.youtube.com/watch?feature=player_embedded&v=WChOzsIbB0w”]

Dowload BBM untuk iPhone iTunes App Store

LEAVE A REPLY