Kita sering mendengar prinsip 4 Sehat 5 Sempurna sebagai pedoman pola makan yang sehat. Namun, tahukah anda bahwa sebenarnya pemerintah telah meninggalkan prinsip 4 Sehat 5 Sempurna tersebut. Mulai tahun 2010, Indonesia mulai diperkenalkan dengan konsep Pedoman Gizi Seimbang. Apa perbedaannya?

Sejak awal tahun 1990-an, para Ahli Gizi di dunia telah meninggalkan konsep 4 Sehat 5 Sempurna ini. Hal ini dikarenakan prinsip 4 Sehat 5 Sempurna sudah tidak lagi relevan dengan kondisi saat ini karena ternyata kebutuhan gizi setiap orang berbeda-beda. Kebutuhan gizi seseorang dapat berbeda-beda tergantung dari jenis kelamin, usia, tingkat aktivitas, dan faktor lainnya.

Dalam konsep 4 Sehat 5 Sempurna, sangat ditekankan pentingnya empat golongan makanan dan konsumsi susu sebagai penyempurna. Empat golongan makanan ini adalah karbohidrat untuk tenaga, protein sebagai zat pengatur, lemak sebagai sumber energi, dan buah-buahan sebagai sumber vitamin dan mineral. Namun, susunan ini ternyata tidak sehat bagi setiap orang. Perlu juga diperhatikan mengenai porsi dan jenis makanannya. Misalnya, ketika seseorang banyak mengonsumsi karbohidrat tetapi sedikit vitamin dan mineral, hal ini menjadi tidak sehat bagi orang tersebut.

Prinsip gizi seimbang memiliki empat pilar, yakni mengonsumsi makanan yang beraneka ragam, menerapkan pola hidup bersih dan sehat, menjaga berat badan ideal, dan pola hidup aktif. Komposisi zat gizi yang seimbang dalam setiap kali makan sebaiknya terdiri dari karbohidrat 55-60 persen, lemak 30 persen, dan protein 15 persen. Inti dari pola makan gizi seimbang adalah konsumsi makanan yang beraneka ragam dan tidak berlebihan. Selain itu, atur jadwal makan 3 kali sehari dan selingan 2 kali sehari.

Guru Besar Institut Pertanian Bogor (IPB), Prof. Soekirman, mengatakan bahwa dalam perkembangannya konsep Pedoman Gizi Seimbang lebih tepat menyelesaikan permasalahan gizi di Indonesia. Indonesia saat ini mengalami permasalahan gizi ganda, yakni gizi kurang dan di sisi lain juga ada masalah gizi lebih. Dengan konsep Pedoman Gizi Seimbang diharapkan dapat menjadi pertahanan bagi tubuh agar terhindar dari resiko penyakit dan masalah gizi.

Sumber : Selasar.com

LEAVE A REPLY