Walaupun semua sekolahan udah pada selesai UAS, bukan berarti pelajar udah bisa seneng-seneng. Sebelum mencapai liburan, biasanya ada beberapa hal yang harus dilewati. Banyak dari pelajar yang masih datang ke sekolah, padahal pelajaran semester itu udah abis. Apa ya yang biasa jadi alasannya?

Absen

Biasanya abis UAS itu emang nggak ada yang langsung libur, tapi kudu class meeting dulu. Buat yang ikutan class meeting sih enak bisa pamer ke gebetan, lah kalau yang nggak ikut dan nggak punya gebetan gimana? Nah, yang namanya class meeting ini biasanya wajib absen, jadi mau ikut atau nggak ya tetep harus ngisi daftar hadir. Tapi akhirnya nggak jarang juga beberapa siswa saking malesnya bodo amat deh bolos. Tapi di sisi lain banyak juga siswa yang pengin kolom absen di rapotnya mereka itu bersih dari coret-coretan guru, makanya abis UAS pada bela-belain ke sekolah deh buat ngisi absen. Abis itu pulang.

Suasana dan Temen-Temen Sekolah

Kadang liburan itu nggak selamanya asik, apalagi kalo liburannya di rumah doang, plus jomblo lagi. Makanya jangan heran banyak fenomena ketika sekolah penginnya libur, tapi giliran libur malah kepengin sekolah. Aneh memang, tapi semua ini tentunya bukan nggak punya alasan, jadi, rata-rata anak sekolahan pas libur itu suka pengin ke sekolah, tapi ke sekolahnya ini sebenernya cuma pengin ngerasain suasana bareng-bareng sama temennya aja, bukan belajarnya, apalagi dengerin guru ngocehnya.

Inceran

Kalo orang lagi jatuh cinta mau ngapain dan ke mana aja pasti bakal dilakuin demi sang inceran. Jadi jangan heran kalau ada yang rajin ke sekolah padahal bebas nggak ada kelas, cuma karena dia punya inceran di sekolah. Padahal, di sekolah juga paling dia cuma berani ngeliatin dari jauh. Nggak berani ngajak ngobrol.

Uang Jajan

Semua siswa pasti ngerasain kalo libur sekolah ujung-ujungnya pasti libur uang jajan juga. Makanya, kalau kamu liat siswa yang abis UAS tetep rajin ke sekolah itu bukan berarti dia rajin beneran, bisa jadi biar mereka dapet uang jajan. Jadi walaupun kamu punya waktu libur yang panjang, ada temen, tapi gak punya uang, itu mah ujung-ujungnya nggak asik juga. Kalau kamu, pake alasan yang mana?

Oleh : Dara Prayoga

LEAVE A REPLY