cahUnnes.com – Tepatnya di Desa Peron Kecamatan Limbangan Kabupaten Kendal, 30 mahasiswa yang sedang melakukan Kuliah Kerja Nyata Pemberdayaan Pembelajaran Masyarakat (KKN PPM), mampu memaksimalkan potensi daerah yang kaya akan pohon aren tersebut.

Di desa berpenduduk 3.442 jiwa tersebut, tumbuh subur pohon aren diatas lahan kurang lebih 120 hektar dan mampu menghasilkan tiga ton gula aren per bulan.

Menurut Munadirin selaku Kepala Urusan Pembangunan Desa Peron Kecamatan Limbangan Kabupaten Kendal mengatakan bahwa 70% dari 620 kepala keluarga desa Peron bermata pencaharian sebagai pembuat gula aren. Dan, selama ini warga desa hanya bisa memanfaatkan aren hanya untuk diolah menjadi gula aren atu menjual air niranya saja.

Munadirin juga mengharapkan desanya menjadi Desa Binaan Unnes, karena menurutnya potensi pohon aren di desanya sangat potensial dan produktif untuk dikembangkan.

Terlansir di laman unnes.ac.id, Ketua Pelaksana Anis Widyawati MH mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan kompetisi Hibah KKN PPM Tingkat Nasional yang dibiayai oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.

“Setiap Mahasiswa peserta KKN ini mendapat subsidi sebesar 400 ribu rupiah dan dapat bantuan biaya kegiatan untuk program peningkatan hasil olahan aren dan program kegiatan lain,” Ujar Anis.

Menurut Kormades Desa Peron, sejauh ini 30 Mahasiswa KKN Unnes di Desa Peron mengadakan pelatihan dan memfasilitasi warga untuk kreatif dan berinovasi mengolah aren menjadi bahan dasar berbagai makanan. Selain itu masyarakat juga dibekali dan dibimbing mulai bahan yang digunakan, cara pembuatan dan proses pengolahan serta alternatif pemasarannya.

Adapun produk – produk hasil olahan gula aren yang telah dibuat adalah sirup gula aren, grubi, gula kacang, ting-ting, permen caramel dan bolu kukus. (IBALH)

LEAVE A REPLY