cahUnnes.com – Satu langkah prestasi kembali ditoreh oleh putra – putra terbaik kampus konservasi. Mobil hemat energi dari Fakultas Teknik (FT) Universitas Negeri Semarang (Unnes) dinyatakan lolos pada Kompetisi Indonesia Energy Marathon Challenge (IEMC) 2013. Mereka akan kembali mengikuti kompetisi mobil irit tingkat nasional di Sirkuit Kenjeran, Surabaya 14-17 November 2013, mendatang.

Unnes akan mengikutsertakan dua mobil hemat energi pada kompetisi kali ini, yakni Warak Ngendhog Tim dan Warak Go Green Tim.

Perbedaan dari kedua tim tersebut terdapat pada jenis bahan bakar yang digunakan. Warak Ngendhog akan berlaga pada kategori mobil urban berbahan bakar bensin, sedangkan Warak Ngendhog akan berlaga pada kategori mobil urban berbahan bakar listrik.

Hendra selaku manager tim mengungkapkan bahwa kedua mobil tersebut telah lolos pada fase seleksi yang terdiri dari seleksi administratif dan update design report.

Kedua mobil yang akan dilombakan tersebut masing – masing dengan isi silinder 80 cc.

Hendra menyampaikan bahwa untuk kepentingan lomba, mobil ini hanya untuk satu orang. Meskipun sebenarnya mobil tersebut memiliki kapasitas untuk menampung dua orang.

Hendra juga menambahkan bahwa mobil berkecepatan maksimal 25 km/jam tersebut membutuhkan bahan bakar berupa pertamax per liter 150 km, sedangkan untuk listrik per KWh 70 km.

Adapun tujuan untuk mengikuti kompetisi yang diadakan oleh Dirjen Dikti dan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya tersebut untuk menawarkan konsep mobil ramah lingkungan dan irit bahan bakar. Demikian Hendra menerangkan.

Untuk kerja sama dan memberi dukungan, bisa menghubungo Tim Unnes melalui nomor 085842239272. (IBALH)

LEAVE A REPLY