10 Ide Bisnis Mahasiswa Yang Bisa Dilakukan Dari Kamar Kos

10 Ide Bisnis Mahasiswa Yang Bisa Dilakukan Dari Kamar Kos

Bisnis mahasiswa ini perlu dipertimbangkan, khususnya buat kamu yang punya banyak waktu luang dan sedang galau antara mau kerja atau kuliah duluan.

Tidak usah memikirkan modal uang, karena yang kamu butuhkan hanya niat, komputer, akses internet dan kamar kost.

Berikut 10 ide peluang bisnis mahasiswa yang cocok untuk mahasiswa, tanpa perlu modal banyak dan bisa dilakukan dari kamar kost:

1. Peluang bisnis untuk mahasiswa, dengan menyediakan penyewaan buku kuliah harian

Hitung berapa sering temanmu lupa membawa buku kuliah, atau berapa banyak mahasiswa yang tidak mampu membeli buku kuliah? Semakin sering dan banyak, maka peluang bisnis mahasiswa ini semakin masuk akal untukmu.

Rancang sistem pinjamannya, gunakan buku milik sendiri sebagai modal awal, ajak mahasiswa lain untuk ikut meminjamkan bukunya dengan sistem bagi hasil. Jika harga sewa Rp5.000 per hari dan satu buku dipinjam dua kali seminggu, maka kamu bisa mendapatkan uang Rp240.000 per semester!

 

2. Hobimu memburu promo bisa dimanfaatkan untuk menyediakan jasa pemesanan tiket dan hotel

Walau sudah banyak website penyedia tiket dan hotel, tapi banyak orang yang gaptek internet sehingga tidak tahu cara pesan tiket dan hotel online. Jika banyak di sekitarmu yang seperti itu, kenapa tidak kamu ambil peluang bisnis tersebut?

Mulailah mengumpulkan informasi promo, sebarkan ke semua dosen dan temanmu lalu tawarkan kemudahan pemesanan lewat dirimu. Bayangkan berapa banyak uang yang bisa kamu dapat per semester jika tiap pemesanan kamu mendapat Rp50.000!

 

3. Buktikan kepiawaianmu berdagang dengan membantu orang lain menjual barang bekas miliknya

Semua orang bisa jual barang lewat internet tapi tidak semuanya mau repot menjawab berbagai pertanyaan dari calon pembeli. Inilah peluang bisnis yang bisa kamu manfaatkan sebagai mahasiswa, dengan menjadi makelar jual-beli.

Sebelum menjual barang, buatlah kesepakatan tentang berapa besar komisi yang akan kamu dapatkan. Tapi tidak perlu ambil komisi besar, yang penting orang lain teryakini dahulu dengan kelihaianmu menjual barang.

 

4. Karena modal bukan melulu soal uang, jualan online bisa dimulai dengan menjadi reseller

Jika menjual barang milik orang lain sudah menjadi keahlianmu, kini saatnya masuk ke bisnis yang lebih rumit, yaitu menjadi online reseller atau dikenal juga dengan istilah dropshipper. Sebab, model bisnis ini berpeluang menghasilkan keuntungan yang tak terbatas dan hampir sama sekali tanpa modal uang.

Cara menjadi reseller: kamu perlu menjadi penjual besar yang menerima sistem reseller/dropshipping. Setelah itu, kamu perlu pelajari keahlian manajemen keuangan dan stok barang. Kemampuan komunikasi juga penting untuk menghadapi konsumen.

 

5. Mulailah menyiapkan surat penawaran jika punya kemampuan membangun website atau blog

Peluang bisnis ini untuk mahasiswa yang paham programming. Jika kamu bisa “ngoding”, maka mulailah membuat proposal dan tentukan tarif jasamu untuk membuat sebuah website. Kemudian, tawarkan jasamu kepada pihak yang mungkin membutuhkan, misalnya dosen, UKM di kampus atau perusahaan swasta.

Ide bisnis ini bisa berlanjut hingga kamu lulus kuliah dan semua karyamu bisa dijadikan portfolio untuk mendapatkan pekerjaan setelah lulus.

 

6. Sebelum mulai menulis skripsi, tidak ada salahnya membuka jasa penulisan sebagai ajang latihan

Daripada hanya sekedar membuat kultwit super panjang di Twitter, lebih baik manfaatkan waktumu untuk membuka jasa penulisan. Selain dapat melatih kemampuanmu menulis, juga bisa menambah uang jajan.

Misalnya, penulisan artikel untuk majalah. Biasanya, majalah akan memberi insentif uang kepada kontributor artikel. Coba saja hubungi redaksinya melalui email dan tawarkan dirimu sebagai kontributor.

Selain itu, kamu bisa menjadi penulis freelance melalui situs marketplace jasa seperti Freelancer.com atau Sribulancer.com. Kamu bisa menentukan sendiri berapa besar bayaran yang ingin kamu terima.

 

7. Tingkatkan kemampuan bahasa asing sekaligus menambah uang jajan dengan menerima jasa penerjemah

Bagi mahasiswa dari Fakultas Bahasa jurusan bahasa asing, mungkin peluang bisnis ini adalah yang termudah untuk dilakukan. Calon konsumennya sudah tentu mereka yang tidak fasih berbahasa asing atau yang tidak punya waktu untuk menterjemahkan sebuah artikel.

Biasanya, mahasiswa dari Fakultas Ekonomi adalah yang paling membutuhkan jasa penerjemah untuk mengerjakan tugas kuliah. Sebab, umumnya mereka menggunakan Bahasa Inggris sebagai bahasa sehari-hari di perkuliahan.

 

8. Tidak ada salahnya menerima jasa perbaikan atau instalasi software komputer walau internet adalah buku panduanmu

Tidak semua orang betul-betul paham teknologi yang mereka gunakan. Oleh karena itu, ada bisnis jasa yang sebenarnya mudah untuk dilakukan sendiri melalui panduan yang ada di internet. Salah satunya adalah jasa instalasi software dan service komputer.

Kamu bisa mulai membuka layanan membersihkan virus komputer, meng-install ulang Windows atau hal teknis seperti upgrade RAM dan harddisk. Semua hal itu bisa dilakukan sendiri dengan panduan internet. iFixit.com adalah salah satu situs referensi utuk memperbaiki sendiri komputer atau handphone.

 

9. Cara lama yang masih efektif untuk menumpuk pundi-pundi: menjual pulsa dan voucher game

Selama handphone masih digunakan banyak orang, bisnis jualan pulsa tidak akan punah. Begitupula dengan peluang bisnis jualan game voucher selama online game masih jadi kegemaran di kalangan anak muda.

Untuk menjadi salah satu agen penjual voucher pulsa dan game, kamu cukup mencari penjual besarnya. Konsepnya sama seperti online reseller, kamu akan mendapat komisi dari setiap voucher yang terjual.

 

10. Sendirian karena ditinggal pulang kampung teman satu kostan? Buka penitipan hewan adalah peluang bisnis mahasiswa yang menjanjikan

Peluang bisnis mahasiswa satu ini termasuk yang ramai di beberapa waktu saja (musiman), tetapi menjanjikan keuntungan yang cukup besar. Biasanya, jasa penitipan hewan banyak dicari saat musim mudik atau libur panjang kuliah.

Walaupun jasa penitipan hewan ini butuh pemahaman merawat hewan, tapi jika kamu termasuk yang menyukai binatang, kamu akan sangat menikmati melakukan bisnis ini. Tarif penitipan hewan biasanya dihitung berdasarkan lama waktu dan jenis hewan yang dititipkan.

LEAVE A REPLY